MATSAMA Hari Ke-2 MTsN 7 Sleman Libatkan Kepolisian

Kemenag Sleman News (MTsN 7 Sleman) – Panitia Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (Matsama) MTsN 7 Sleman, melibatkan anggota Polri dari Kepolisian Sektor (Polsek) Pakem , dalam kegiatan Matsama di Halaman Madrasah, Selasa (16/07/2024). Sebagai upaya menanamkan disiplin sejak awal, kegiatan Matsama Tahun Pelajaran 2024/2025, melibatkan anggota Polri dari Polsek Pakem. Wakil kepada bidang kesiswaan, Rahmi Hidayat, S.Pd., menjelaskan terkait progam tersebut.“Kami setiap tahunnya mendatangkan pemateri dari Kepolisian dengan tujuan untuk menanamkan kedisiplinan dan pembentukan karakter kepada para peserta didik baru, dan sudah menjadi agenda rutin di madrasah ini, tanpa ada campur tangan dari pihak terkait tentunya sulit untuk mengawasi perilaku dari para remaja yang masih sangat dominan memiliki sifat yang ingin selalu diperhatikan. Oleh karena itu diharapkan dari pihak Orangtua, wali, sekolah maupun pemerintah ikut andil terhadap masa depan remaja. Pembinaan kepada para pelajar hendaknya dilakukan secara berlanjut dengan melakukan sosialisasi kepada para pelajar agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang tidak terpuji yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain”, ujar Rahmi.


Bhabinkamtibmas Polsek Pakem Aipda Dwi Hartanto mengajak peserta didik untuk menjaga kedisiplinan dan mematuhi semua aturan yang telah dibuat oleh madrasah.”Tetap patuhi peraturan yang ada di madrasah, jangan mengikuti apa yang kurang baik dari kakak kelas kalian tapi contohlah hal-hal yang bisa mengharumkan nama baik madrasah,” ujar Aipda Dwi.
Selain motivasi untuk menanamkan disiplin, peserta Matsama juga dibekali dengan pengetahuan dan praktek tentang peraturan baris berbaris (PBB). Kegiatan PBB dimaksudkan untuk menyiapkan peserta didik baru untuk menerima tugas sebagai personil upacara, yang akan diselenggarakan setiap hari Senin dalam masa sekolah nanti maupun dalam upacara-upacara kenegaraan. (RDT)