SLOGAN MTs NEGERI 7 SLEMAN :
Siap Tanggap Tangguh
Sehat Jiwaku Tinggi Prestasiku
Madrasah Lereng Merapi Inovasi Tiada HentiSELALU TAMPIL It’s The Best, Yes.Santun Berbudaya
Rukun Agawe Santosa
Tujuan Madrasah
1. Tujuan Pendidikan Nasional
Tujuan Pendidikan Nasional Tertuang dalam Undang-Undang Kalimat “Mencerdaskan kehidupan bangsa” yang tertuang dalam UUD 1945 alinea ke-4 yang merupakan tujuan utama nasional, menggambarkan cita-cita bangsa Indonesia untuk mendidik dan menyamaratakan pendidikan ke seluruh penjuru Indonesia agar tercapai kehidupan berbangsa yang cerdas.
Tujuan Pendidikan Nasional menurut pasal 3 Undang-undang No. 20 Tahun 2003 yaitu “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi murid agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
2. Tujuan Pendidikan Menengah
Pendidikan menengah adalah jenjang pendidikan pada jalur pendidikan formal yang merupakan lanjutan pendidikan dasar. Pendidikan menengah bertujuan membentuk murid menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, dan berkepribadian luhur.
3. Tujuan Pendidikan Madrasah
Tujuan Pendidikan Madrasah adalah menghasilkan Pendidikan Islam yang lebih humanis, adaptif, dan inklusif, dengan menanamkan nilai-nilai kasih sayang, empati, dan toleransi dalam proses pembelajaran di madrasah.
4. Tujuan Satuan Pendidikan
3.1 Tujuan Umum
Tujuan umum MTs Negeri 7 Sleman adalah melampaui 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang dibakukan secara nasional.
3.2 Tujuan Khusus
Pada Tahun Ajaran 2024/2025 MTs Negeri 7 Sleman memiliki target untuk masuk 5 besar rata-rata nilai Asesmen Standarisasi Pendidikan daerah (ASPD) tertinggi MTs Negeri se-Kabupaten Sleman dengan rata-rata nilai 46,00.
Secara rinci, Tujuan Khusus MTs Negeri 7 Sleman adalah sebagai berikut :
a. Lembaga
Terbentuknya madrasah mandiri yang berkualitas, berprestasi, Islami dengan nilai rahmatan lil’alamin, aman bencana, terampil dan berwawasan lingkungan
b. Guru
Terbentuknya Guru yang :
1) Sehat jasmani dan rohani
2) Agamis dan berbudi pekerti luhur
3) Memiliki kompetensi
4) Terampil dalam menggunakan IT
5) Siap, Tanggap, Tangguh dari ancaman dan dampak bencana
6) Terampil dalam budaya literasi
7) Terampil melestarikan budaya lokal
8) Memiliki sikap peduli terhadap lingkungan
9) Memiliki sikap Islami Rahmatan lil’Alamin
10) Mampu menanamkan nilai-nilai kasih sayang, empati, dan toleransi dalam proses pembelajaran.
c. Tenaga Kependidikan
Terbentuknya Tenaga Kependidikan yang :
1) Sehat jasmani dan rohani
2) Agamis dan berbudi pekerti luhur
3) Memiliki kompetensi
4) Terampil dalam menggunakan IT
5) Siap, Tanggap, Tangguh dari ancaman dan dampak bencana
6) Terampil dalam budaya literasi
7) Terampil melestarikan budaya lokal
8) Memiliki sikap peduli lingkungan
9) Memiliki sikap Islami Rahmatan lil’Alamin
10) Mampu menanamkan nilai-nilai kasih sayang, empati, dan toleransi.
d. Murid, Terbentuknya murid yang :
1) Sehat jasmani dan rohani
2) Berakhlakul karimah
3) Unggul dalam prestasi Akademik dan Non Akademik
4) Terampil dalam riset
5) Siap, Tanggap, Tangguh dari ancaman dan dampak bencana
6) Terampil dalam berbicara, bercerita, membaca dan menulis
7) Terampil dalam melestarikan budaya lokal
8) Memiliki sikap peduli lingkungan
9) Memiliki sikap Islami Rahmatan lil’Alamin
10) Mampu menanamkan nilai-nilai kasih sayang, empati, dan toleransi.